Pelatihan Perilaku Hidup Bersih Sehat Berbasis Masyarakat di SDN Bumirejo

BUMIREJO, JUWANA – Siswa-siswi SDN Bumirejo antusias mengikuti program “Pelatihan Perilaku Hidup Bersih Sehat Berbasis Masyarakat” dari Tim II KKN Universitas Diponegoro di SDN Bumirejo.

Berawal dari keprihatinan akibat cukup tingginya angka penyakit diare pada anak-anak di Desa Bumirejo, maka pada kesempatan kali ini, Tim II KKN Universitas Diponegoro melaksanakan salah satu program yaitu Pelatihan Perilaku Hidup Bersih Sehat Berbasis Masyarakat. Target sasaran yang dipilih yaitu siswa-siswi SDN Bumirejo. Tim II KKN Universitas Diponegoro membawa misi untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, melatih cara melaksanakan 8 indikator PHBS di lingkungan sekolah, memberikan sarana prasarana yang layak untuk mencuci tangan, serta melatih secara jelas tatacara mencuci tangan yang baik dan benar dengan cara melaksanakan langsung cuci tangan di halaman sekolah.

Tujuan dari adanya program ini adalah untuk menjadikan siswa-siswi SDN Bumirejo berperilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di lingkungan tempat tinggal sehingga bisa mengurangi angka penyakit diare pada anak-anak di Desa Bumirejo.

Penyakit diare adalah penyakit yang mudah menyerang manusia khususnya pada usia anak-anak. Biasanya diare disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya melaksanakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Perilaku Hidup Bersih Sehat adalah perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan kesehatan di masyarakat. Manfaat dari PHBS sendiri yaitu agar menjadi sehat dan tidak mudah sakit, anak tumbuh sehat dan cerdas, lebih semangat dalam beraktivitas.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan